TRY OUT 2020


Try Out (TO) adalah bentuk ujian sebagai uji coba yang diberikan pada siswa. Soal try out disusun oleh MGMP Sekolah berdasarkan skl dan kisi-kisi ujian nasional. Namun demikian, soal-soal ujian TO tidak dapat dipastikan apakah sama atau tidak dengan soal-soal ujian nasional yang akan dihadapi siswa.

Try out ujian nasional yang diberikan kepada siswa sangat penting artinya bagi semua pihak yang terkait dengan ujian nasional. Bermanfaat untuk siswa sendiri, guru mata pelajaran, pimpinan sekolah maupun orang tua siswa. Tujuannya untuk mempersipakan UN dengan baik agar diperoleh hasil yang optimal.

Manfaat Try Out UN Bagi Siswa
TO UN bermanfaat untuk mengasah keterampilan dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diujikan. Esensi soal-soal try out dibuat berdasarkan SKL dan kisi-kisi UN sehingga siswa dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian.
Jika hasil TO yang diperoleh siswa tidak memuaskan maka ini akan menjadi pendorong bagi siswa untuk mengerjakan kembali soal-soal TO. Siswa lebih banyak mengerjakan soal-soal ketimbang membaca dan mempelajari materi pelajaran. Dengan demikian siswa semakin siap untuk menghadapi ujian nasional yang akan datang.
TO juga dijadikan sebagai evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa-siswi dalam pelajaran yang disajikan dalam ujian. Hasil tryout menunjukkan sejauh mana kemampuan siswa yang akan menghadapi ujian nasional ini.

Manfaat Try Out UN Bagi Guru
Hasil yang diperoleh siswa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran berikutnya. Bagian mana saja materi pelajaran yang perlu dikaji ulang dan diberikan latihan yang lebih banyak.
Selain itu juga dapat digunakan untuk mengambil tindakan dalam mengadakan program belajar tambahan bagi siswa. Hasil try out menjadi pertimbangan untuk memfokuskan kegiatan belajar siswa.

Manfaat Try Out UN Bagi Sekolah
Try out bermanfaat untuk mengetahui peta kemampuan siswa secara keseluruhan di sekolah. Kemudian dibandingkan dengan sekolah tetangga di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten.
Sementara itu, try out juga bermanfaat untuk dijadikan pertimbangan dalam membantu siswa belajar di rumah. Jika hasil yang diperoleh siswa belum memuaskan maka orang tua dapat mengambil tindakan atau strategi membimbing siswa belajar di rumah.

Dari Keterangan di atas, maka SMK Negeri 1 Cimahi akan menyelenggaran Try Out dalam ranggka menghadapi UN 2020. Adapun Pelaksanaannya adalah sebabgai berikut :
1. Hari/Tanggal Pelaksanaan :  Senin - Kamis/10-13 Februari 2020
2. Sesi                                    :  1 sesi
3. Ruangan                             :  - 9 Lab Komputer (menggunakan PC dan Laptop)
                                                   - 9 Ruang Teori (menggunakan Tablet)

Data Siswa Kelas XII


Jadwal Try Out

Pengawas TO

Proktor dan Teknisi TO

Foto Kegiatan





Hasil Try Out


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter