Alumni Yang Bekerja di Jepang

Posting Komentar

 


Tidak bisa dipungkiri bahwa Jepang adalah salah satu negara maju di Asia dan merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar ketiga di dunia, dengan aneka ragam daya tarik, Jepang mampu membuat orang bermimpi untuk kelak mengunjungi negeri matahari terbit ini, atau bahkan ingin dan menghabiskan seumur hidupnya di sana.

Pada umumnya orang sering menyebutkan bahwa orang Jepang suka bekerja keras, suka berkelompok, dan sebagainya. Begitu asyik dengan pekerjaannya sehingga orang Jepang suka lupa waktu. Hal tersebut didorong oleh rasa tanggung jawab dan semangat kelompok. Pekerja di Jepang dikenal dengan dedikasi tingginya kepada perusahaan tempat mereka bekerja. Mereka juga dikenal dengan kemampuan bekerja dalam waktu yang lama, hingga berjam-jam. Jepang bahkan memiliki istilah khusus, karoshi yang berarti etos kerja dimana bekerja sampai mati.

Bagaimana kondisi Jepang yang saat ini semakin tergerogoti jumlah angkatan kerjanya, akibat turunnya angka pernikahan dan angka kelahiran bayi secara drastis? mereka memilih tidak memiliki anak, atau cukup satu anak, karena pertimbangan biaya hidup dan biaya pendidikan anak di Jepang yang relatif mahal. Di sisi lain, angka/umur harapan hidup orang Jepang semakin tinggi. Artinya, saat ini Jepang makin dipenuhi oleh orang berumur diatas 50 tahun. Bahkan generasi tua Jepang dengan umur diatas 60 tahun juga masih memiliki tingkat kesehatan yang prima. Dengan kenyataan itulah ternyata pemerintah Jepang begitu membutuhkan kehadiran tenaga kerja profesional dari negara lain, seperti tenaga kerja dari Indonesia yang banyak mencoba mulai dari tenaga magang sampai bisa kerja di Jepang.

Bagi para pemuda dan pemudi magang, Jepang adalah solusi yang paling tepat untuk bisa mengembangkan diri mencari ilmu dan pengalaman kerja di Jepang. Saat ini semakin banyak perusahaan Jepang di Indonesia yang merekrut tenaga kerja Indonesia untuk kerja di Jepang. Negara berkembang seperti Indonesia akan menghasilkan bisnis yang baik bagi para perekrut tenaga kerja karena populasi yang besar. Satu hal lagi yang menjadikan alasan mengapa dengan magang ke Jepang juga ada manfaatnya adalah bahwa di samping kita belajar budaya dan bahasa mereka, kita juga mendapatkan uang saku yang cukup besar selama menjadi pemagang di sana.

Beberapa Alumni SMK Negeri 1 Cimahi yang pernah Bekerja di Jepang :

1. Firmansyah TP 30







 2. Agus Sumarsono TP 31


3. Feby TP 30

4. Reka Raksa RPL

https://youtu.be/uKM8ygygVp8

5. Rizal Maurad EIND


6. Miraz Raisal TEDK


7. Ardios TP



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter