Pembagian Raport Semester Ganjil 2020

Posting Komentar

 


Raport punya fungsi yang cukup penting, baik bagi siswa, orang tua, guru maupun wali kelas.

Raport itu sendiri merupakan salah satu pertanggungjawaban sekolah terhadap masyarakat tentang kemampuan yang telah dimiliki siswa yang berupa sekumpulan hasil penilaian.Kegiatan penilaian dilakukan melalui pengukuran atau pengujian terhadap siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dalam suatu unit tertentu. Untuk memperoleh informasi yang akurat penilaian harus dilakukan secara sistematik dengan menggunakan prinsip penilaian.

Seperti yang tercantum pada pasal 25 (4) Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menjelaskan bahwa kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ini berarti bahwa pembelajaran dan penilaian harus mengembangkan kompetensi peserta didik yang berhubungan dengan ranah afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan) (baca Penilaian Psikomotorik/

Fungsi buku raport :

Bagi Siswa : Mengetahui kemajuan hasil belajar diri, konsep-kosep atau teori-teori yang belum dikuasai, Memotivasi diri untuk belajar lebih baik, Memperbaiki strategi belajar

Bagi Orang Tua : Mengetahui perkembangan anaknya sehingga orang tua dapat membantu anaknya belajar, memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar dan melengkapi fasilitas belajar di rumah.

Bagi Guru Mata Pelajaran : Sebagai feedback juga penilaian digunakan guru untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam satu kelas. Hasil penilaian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, dan membantu guru untuk menentukan strategi mengajar yang lebih tepat.

Bagi Wali Kelas : Melalui raport wali kelas dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam kelas yang diampunya wali kelas dapat menentukan strategi dalam pengelolaan kelas yang menjadi tanggung jawabnya misalnya dengan menata ulang pengaturan tempat duduk, pembagian anggota kelompok belajar dan langkah strategis lainnya untuk membantu siswa meningkatkan kompetensi siswa atau membantu mengatasi kesulitan blajar siswa yang lemah.

Melalui nilai raport banyak hal yang dapat dilakukan seorang guru/wali kelas, orang tua maupun siswa itu sendiri … semoga hal ini dapat mempererat kerjasama antar pihak sekolah dan juga orang tua sehingga apa yang kita harapkan … menjadikan putra/putri kita yang sarat dengan Iptek dan Imtaq dapat terwujud … Amin

Dimasa Pandemi ini pembagian raport di SMKN 1 Cimahi dilaksanakan pada  hari Jumat tanggal 18 Desember 2020 secara daring, Wali kelas membuat file raport dalam bentuk PDF, kemudian berkoordinasi dengan orang tua dan orang tua dapat mendownload file raport yang diberikan wali kelas, setelah itu orang tua mengisi daftar pengambilan secara online.

Surat Pemberitahuan ke Orang Tua Siswa

Panduan Pembagian Raport

Link tanda terima rapot kls X :
http://s.id/ttr-x

 Link tanda terima rapot kls XI :
http://s.id/ttr-xi

Link tanda terima rapot kls XII :
http://s.id/ttr-xii

Link tanda terima rapot kls XIII :

 http://gg.gg/ttr-xiii

Sebelum raport dibagikan, melalui google meet, wali kelas melakukan arahan dan pemberitahuan dengan kondisi siswa binaannya dan menginformasikan kegiatan belajar untuk semester genap.





Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter